• 09:00-17:00 WIB
  • Senin- Sabtu
  • Semarang, Jawa Tengah
  • (024) 7690 2880
  • 083-876-082-232
Mengukur Ukuran Pasar untuk Perencanaan Bisnis

Mengukur Ukuran Pasar untuk Perencanaan Bisnis

Ukuran pasar akan lebih bisa terdefiniskan dan dipahami dengan menggunakan TAM, SAM dan SOM. Para Venture Capital juga melihat market size sebuah bisnis dengan metode ini. Anda akan lebih mampu menghitung secara realistik tentang ukuran pasar bisnis Anda dengan ini, daripada menganggap bahwa seluruh orang di indonesia akan menjadi pembeli yang berpotensi untuk produk Anda (karena pengukuran semacam itu tidak akan terjadi).

Definisi tentang TAM, SAM dan SOM

Mengutip dari Wikipedia; TAM, SAM dan SOM di definiskan sebagai berikut:

“Total Addressable market (TAM), or Total Available Market, is the total market demand for a product or service,calculated in annual revenue or unit sales if 100% of available market is achieved.”

 

“Serviceable Available Market (SAM), is the portion of TAM targeted and served by your products or services”

 

“Serviceable Obtainable Market (SOM), or Share of Market, is the percentage of SAM which is realistically reached”.

Masih merasa bingung?. Baik, saya akan menjelaskan dengan kalimat yang lebih mudah dipahami seserta contoh- contoh nya.

TAM (Total Addressable Market)

TAM adalah Keseluruhan dari pangsa pasar yang tersedia, dari bisnis yang dibangun. Jika Anda membuat sebuah perusahaan air minum dengan skala global, maka yang menjadi TAM Anda adalah semua orang diseluruh dunia. Ya, karena semua orang membutuhkan air minum, bukan !?. Nilai TAM yang bisa dituliskan dalam proposal rencana bisnis Anda (apabila Anda membuat nya pada tahun 2016 ini) adalah 7.4 miliar. Namun pada kenyataan nya, produk air minum Anda tidak akan dibeli oleh 7.4 miliar orang. Mari melakukan perhitungan lebih lanjut dan spesifik lagi menggunakan SAM.

Catatan: Nilai TAM harus di dasarkan atas jenis bisnis yang sedang Anda jalankan. Apabila misi dari bisnis Anda hanyalah hanya mendirikan perusahaan air minum skala nasional, yang hanya akan melayani pembeli di indonesia, maka nilai TAM yang harus Anda tuliskan adalah sebanyak total penduduk indonesia saat itu.

SAM (Serviceable Available Market)

SAM adalah jumlah potensi calon konsumen yang bisa diraih pada jangkauan bisnis Anda, dengan mengasumsikan bahwa tidak ada pesaing lain nya. Masih dalam contoh perusahaan air minum diatas. Calon konsumen yang bisa Anda jaring adalah orang- orang yang ada di kota besar di indonesia. Tidak termasuk orang yang tinggal di desa dan pedalaman. Sekarang, tinggal Anda hitung: Jumlah orang yang tinggal di wilayah perkotaan, di setiap kota di indonesia. Ingat, wilayah perkotaan dan kota pengertian nya berbeda.

Anggap saja Anda mulai melakukan perhitungan di kota Semarang. Anggap saja jumlah penduduk kota semarang adalah 5 juta jiwa. 1 Juta jiwa tinggal di perkotaan, dan 4 juta jiwa tinggal diluar wilayah perkotaan. Maka, nilai SAM yang harus Anda tuliskan untuk kota semarang adalah 1 juta.

Namun, dikarenakan perusahaan Anda adalah skala nasional. Anda harus menghitung jumlah penduduk yang tinggal di wilayah perkotaan, untuk setiap kota yang ada di Indonesia. Caranya, sama seperti melakukan perhitungan sebelumnya yang Anda lakukan di kota Semarang.

Setelah Anda menghitung semua penduduk yang tinggal di wilayah perkotaan di seluruh kota di indonesia, maka itulah yang menjadi nilai SAM Anda.

SOM (Serviceable Obtainable Market)

SOM adalah potensi calon konsumen yang bisa Anda jaring, dengan mempertimbangkan pesaing dan –yang paling utama- skala rencana bisnis yang Anda buat. Perhitungan SOM ini akan menjadi membingungkan jika sebelumnya tidak mendefiniskan tentang jangka waktu rencana bisnis tersebut terlaksana. Untuk sementara, Anda bisa sedikit mengabaikan hubungan keterkaitan SOM dengan rencana bisnis ini. Pemahaman lebih jelas akan Anda dapatkan ketika membaca ulang bagian ini lagi setelah contoh penjelasan SOM dan bagian “Catatan” dibawah ini telah Anda baca.

Ada banyak pesaing perusahaan air minum di indonesia, contohnya adalah Aqua. Anggap saja sebelumnya Anda telah mendapatkan nilai tentang jumlah penduduk yang tinggal di wilayah perkotaan di seluruh kota di indonesia (nilai SAM sebelum nya) yaitu 50 juta penduduk. Untuk bisa mendapatkan nilai SOM, sebuah uji coba harus dilakukan terlebih dahulu di satu atau beberapa kota untuk mendapatkan nilai Prosentase Market Produk Anda.

Uji coba bisa dilakukan dengan menawarkan Produk Anda yang dijual dengan harga X, versus produk Aqua (pesaing) yang dijual dengan harga Y kepada beberapa orang. Anggap saja 3 dari 10 orang memilih produk Anda daripada Aqua. Maka Prosentase Market Produk Anda adalah 30%.

Aqua juga melakukan pemasaran di tempat yang sama seperti Anda, yaitu di wilayah perkotaan. Anda memiliki pesaing Aqua. Maka, perhitungan SOM nya adalah: SAM X Prosentase Market Produk Anda. Jadi: 50.000.000 X 30%= 15.000.000 (lima belas juta). Inilah nilai SOM Anda.

Catatan tentang cara melakukan perhitungan SAM dan SOM.

Perhitungan ini bisa di buat apabila rencana bisnis sudah dibuat sebelumnya, dengan target waktu pelaksanaan dan jangkauan yang telah ditetapkan dengan jelas. Perhitungan TAM, SAM dan SOM tidak akan bisa dilakukan tanpa hal itu. Sebagai contoh, ketika Anda menghitung SAM dan SOM, kejelasan tentang kapan rencana bisnis itu terlaksana harus di tetapkan terlebih dahulu. Jika Anda menetapkan rencana bisnis itu dalam 1 tahun, maka Anda tentu nya bisa menjawab perkiraan tentang “Berapa jumlah jaringan distribusi yang bisa dibangun dalam satu tahun”. Jika Anda menilai bahwa Anda hanya mampu mendirikan 10 jaringan distribusi pada satu kota saja, maka dalam perhitungan SOM dan SAM, Anda tidak perlu menghitung semua jumlah penduduk yang tinggal di wilayah perkotaan di setiap kota di indonesia. Cukup hitung di 10 kota saja. Perhitungan TAM, SAM dan SOM sangat terkait dengan target rencana bisnis yang dibuat.

Sumber: LinkedIn Willy Yusuf Rahmadi

Leave a Reply

Tutup Menu
×
×

Basket

WhatsApp chat
0

Your Cart