• 09:00-17:00 WIB
  • Senin- Sabtu
  • Semarang, Jawa Tengah
  • (024) 7690 2880
  • 083-876-082-232
Pendanaan Tokopedia tahun 2017

Pendanaan Tokopedia tahun 2017

PT Tokopedia hari ini, Kamis (17/8/2017) mengumumkan telah memperoleh komitmen investasi senilai 1,1 milar dollar AS atau sekitar Rp 14,7 trilun. Babak investasi ini akan dipimpin oleh e-commerce China, Alibaba Group dengan partisipasi dari pemegang saham Tokopedia yang sekarang.

Raksasa e-commerce China, Alibaba Group, dikabarkan sedang dalam proses negosiasi untuk mengucurkan dana dalam jumlah besar untuk Tokopedia.

Proses negosiasi ini diketahui berdasarkan bocoran dari tiga orang yang dekat dengan industri tersebut. Menurut mereka, jumlah dana yang bakal dikucurkan untuk Tokopedia bisa mencapai 500 juta dollar AS atau setara Rp 6,66 triliun.

Investor Tokopedia saat ini, yakni Softbank Group dan Sequoia Capital juga disebutkan bakal turut serta dalam investasi baru itu.

Investasi ini akan menjadikan Alibaba Group sebagai pemegang saham minoritas di Tokopedia.

Kemitraan dengan Alibaba akan meningkatkan skala dan kualitas pelayanan Tokopedia, sekaligus mempermudah para penjual dan mitra Tokopedia untuk mengembangkan usahanya.

“Kami menganggap bahwa Alibaba merupakan guru dan role model bagi kami,” ujar CEO dan Co-Founder Tokopedia, William Tanuwijaya dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

“Hari ini kami menyambut baik Alibaba sebagai salah satu pemegang saham di Tokopedia dan kami percaya bahwa kemitraan ini akan mempercepat terwujudnya misi kami dalam menggerakkan pemerataan ekonomi secara digital,” imbuh William.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Tokopedia untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Daniel Zhang, CEO Alibaba Group.

Dilansir KompasTekno dari Deal Street Asia, Selasa (25/7/2017), Alibaba Group tampaknya berusaha menyaingi JD.com, perusahaan e-commerce yang merupakan pesaing terbesarnya.

JD.com sendiri disebut-sebut memiliki minat untuk mengucurkan investasi besar ke Tokopedia. Kabar terakhir menyebutkan bahwa saat ini JD juga sedang dalam tahap negosiasi untuk mengucurkan dana senilai ratusan juta dollar AS.

Baik perwakilan Alibaba maupun JD.com sama-sama menolak berkomentar soal kabar ini. “Kami tidak mengomentari rumor yang berkembang di pasar,” ujar juru bicara Alibaba.

KompasTekno tengah berupaya mengonfirmasi pihak Tokopedia, namun belum mendapat jawaban.

Kucuran dana sebesar 500 juta dollar AS dari Alibaba Group diyakini sebagai salah satu investasi terbesar perusahaan asal China tersebut. Sebelumnya, Alibaba telah menggelontorkan uang senilai total lebih dari 2 miliar dollar AS atau setara Rp 26,64 triliun untuk Lazada Group.

Juni lalu, Alibaba juga sempat meningkatkan nilai saham mereka di berbagai ritel yang beroperasi di Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, serta Vietnam.

Tokopedia telah didirikan sejak 2009 dan menjadi perusahaan platform marketplace terbesar di Indonesia yang memungkinkan jutaan UMKM dan pemegang merek lokal di Indonesia untuk memulai dan mengembangkan usaha mereka secara online.

Leave a Reply

Tutup Menu
×
×

Basket

Basket

WhatsApp chat
0

Your Cart